Ihwal

Dari CCID Wiki
Langsung ke: navigasi, cari

Visi kami adalah mewujudkan sepenuhnya potensi internet — akses universal terhadap penelitian dan pendidikan, partisipasi penuh dalam kebudayaan — untuk menuju era baru perkembangan, pertumbuhan, dan produktivitas.

Daftar isi

Mengapa CC?

Ide atas akses universal terhadap karya ilmiah, pendidikan, dan budaya dimungkinkan dengan adanya Internet, namun sistem hukum dan sosial kita tidak selalu dapat mewujudkan ide tersebut. Hak cipta telah dibuat jauh sebelum munculnya Internet dan dapat mempersulit pelaksanaan tindakan yang mungkin perlu kita lakukan di dunia maya. Pengaturan dalam hukum hak cipta membutuhkan adanya izin eksplisit, persetujuan terlebih dahulu, baik Anda adalah seorang seniman, guru, rekayasawan, pustakawan, pembuat kebijakan, maupun hanya pengguna biasa. Untuk mencapai akses universal yang dinyatakan di atas, perlu ada pihak yang menyediakan infrastruktur yang bebas, publik, dan terstandardisasi yang menjembatani realitas dunia maya dan aturan hukum hak cipta. Pihak tersebut adalah Creative Commons.

Misi kami

Creative Commons mengembangkan, mendukung, dan menyediakan sarana infrastruktur hukum dan teknis yang memaksimalkan kreativitas, keinginan untuk berbagi karya, dan inovasi digital.

Apa yang kami sediakan

Infrastruktur yang kami sediakan terdiri dari serangkaian lisensi hak cipta dan alat-alat yang menciptakan keseimbangan dalam aturan "hak cipta tradisional" yang ada di bawah hukum hak cipta yang saat ini berlaku.

Setiap pencipta, mulai dari individu sampai dengan perusahaan dan institusi besar, dapat menggunakan perangkat sederhana dan terstandardisasi kami untuk menjaga hak cipta mereka dengan tetap memungkinkan penggunaan tertentu dari ciptaan mereka, yaitu sebuah pendekatan "beberapa hak dipegang" (some rights reserved). Hal ini membuat ciptaan kreatif, edukatif, dan ilmiah mereka dapat selaras dengan potensi maksimal dari Internet. Kombinasi dari alat kami dan pengguna kami adalah ciptaan digital bersama yang luas dan berkembang, kumpulan ciptaan yang dapat disalin, diumumkan, digubah, dan dijadikan dasar, semua dalam batas-batas hukum hak cipta. Kami telah bekerja dengan para pakar hak cipta di seluruh dunia untuk memastikan lisensi kami tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku, dapat diberlakukan secara global, dan responsif terhadap kebutuhan pengguna kami.

Jika Anda ingin melihat apa saja jenis perusahaan dan organisasi yang menggunakan lisensi Creative Commons untuk menggunakan potensi dari Internet secara maksimal, silakan kunjungi halaman "Siapa yang Menggunakan CC?".

Bagi pencipta yang memilih untuk melepaskan hak cipta sama sekali, dan untuk memaksimalkan interoperabilitas data, Creative Commons menyediakan alat yang memungkinkan sebuah ciptaan untuk ditempatkan secara tepat dalam domain publik.

Ke mana arah kami

Kami membangun infrastruktur di dalam Creative Commons dan pengguna kami membangun barang komunal tersebut. Kami bekerja untuk meningkatkan adopsi dari alat kami, untuk mendukung dan mendengarkan pengguna kami, dan untuk melayani penggunaan infrastruktur bersama yang dapat digunakan oleh siapapun.

Dukungan Anda

Dalam rangka mencapai visi Internet yang penuh dengan konten terbuka, yang di dalamnya terdapat pengguna sebagai peserta dalam budaya inovatif, pendidikan, dan ilmu pengetahuan, kami bergantung pada dukungan dari pengguna kami dan mereka yang percaya pada potensi Internet. Kami tidak dapat mengelola Creative Commons tanpa dukungan tanpa henti dari Anda. Bantu sebarkan berita tentang Creative Commons kepada teman dan keluarga, dan menyumbang untuk kelangsungan kegiatan Creative Commons sebagai organisasi yang kuat dan stabil.

Sumber: http://creativecommons.org/about

Akun
Ruang nama
Varian
Tindakan
Navigasi
Peralatan