Lisensi

Dari CCID Wiki
Langsung ke: navigasi, cari

Lisensi dan alat hak cipta Creative Commons membuat keseimbangan dalam aturan "semua hak dilindungi" tradisional yang dibuat oleh hukum hak cipta. Alat kami memberikan kepada semua orang, dari pencipta individu hingga perusahaan dan lembaga besar, suatu cara standar untuk memberikan izin hak cipta untuk menggunakan ciptaan kreatif mereka. Kombinasi alat dan pengguna kami adalah suatu "commons" digital yang besar dan terus tumbuh, himpunan konten yang dapat disalin, diumumkan, disunting, digubah, dan diadaptasi dengan tidak melanggar hukum hak cipta.

Daftar isi

Rancangan dan latar belakang lisensi

Semua lisensi Creative Commons memiliki banyak fitur penting yang serupa. Setiap lisensi membantu pencipta, disebut sebagai pemberi lisensi jika mereka menggunakan alat kami, untuk memegang hak cipta dengan di saat yang sama memungkinkan orang lain untuk menyalin, mendistribusikan, dan menggunakan ciptaan mereka, paling tidak untuk kepentingan non-komersial. Setiap lisensi Creative Commons juga memastikan lisensinya mendapatkan kredit selayaknya atas ciptaan mereka. Setiap lisensi Creative Commons dapat digunakan di seluruh dunia dan berlaku selama hak cipta yang ada masih berlaku (karena lisensi Creative Commons dibangun di atas hak cipta). Fitur-fitur umum berfungsi sebagai patokan dan pemberi lisensi dapat memilih untuk memberikan hak akses tambahan seiring mereka memutuskan batas penggunaan ciptaan.

Sebuah lisensi Creative Commons menjawab beberapa pertanyaan sederhana dalam memilih lisensi - pertama, apakah saya ingin memperbolehkan penggunaan untuk kepentingan komersial atau tidak, dan kemudian kedua, apakah saya ingin memperbolehkan dibuatnya ciptaan turunan atau tidak? Jika pemberi lisensi memutuskan untuk memungkinkan dibuatnya ciptaan turunan, maka ia juga dapat memilih untuk menyatakan bahwa setiap orang yang menggunakan ciptaan, disebut sebagai penerima lisensi, diharuskan untuk menempatkan ciptaan turunan di bawah persyaratan lisensi yang sama. Kami menyebut ide ini sebagai "BerbagiSerupa" dan merupakan salah satu mekanisme yang (jika dipilih) membantu ciptaan digital bersama untuk tumbuh dari waktu ke waktu. BerbagiSerupa terinspirasi oleh GNU General Public License, yang digunakan oleh banyak proyek bebas dan piranti lunak open source.

Lisensi kami tidak mempengaruhi kebebasan yang diberikan oleh hukum kepada pengguna ciptaan kreatif selain yang telah dibatasi oleh hak cipta, salah satunya adalah pengecualian dan pembatasan hukum hak cipta seperti penggunaan wajar. Lisensi Creative Commons lisensi mengharuskan penerima lisensi untuk mendapatkan izin pemberi lisensi untuk melakukan hal apapun terhadap suatu ciptaan yang ada di bawah hak eksklusif apabila tidak dinyatakan dalam lisensi yang dipilih. Penerima lisensi harus menyebutkan bahwa ciptaan adalah milik pemberi lisensi, mengumumkan bahwa telah ada hak cipta yang melekat pada semua salinan pekerjaan, dan tautan dengan lisensi dari salinan pekerjaan. Penerima lisensi tidak dapat menggunakan langkah-langkah teknologi untuk membatasi akses setiap orang terhadap pekerjaannya.

Tiga lapisan lisensi

Lisensi hak cipta publik kami menggabungkan desain "tiga-lapisan" yang unik dan inovatif. Setiap lisensi dimulai sebagai alat hukum tradisional, dalam bahasa dan format teks yang sering digunakan oleh ahli hukum. Kami menyebutnya lapisan Lisensi Lengkap dari setiap lisensi.

Namun, atas pertimbangan bahwa sebagian besar pencipta, pendidik, dan ilmuwan tidak akrab dengan format yang digunakan ahli hukum, kami juga membuat lisensi dalam format yang lebih umum dan lebih mudah dimengerti, disebut sebagai - Lisensi Ringkas. Lisensi Ringkas adalah sebuah referensi yang berguna bagi pemberi lisensi dan penerima lisensi, merangkum dan menyatakan beberapa istilah dan ketentuan yang paling penting. Walau Lisensi Ringkas lebih mudah digunakan oleh setiap orang daripada Lisensi Lengkap, Lisensi Ringkas bukanlah sebuah lisensi dan isinya bukan merupakan bagian dari Lisensi Lengkap.

Lapisan akhir dari desain lisensi mengakui bahwa perangkat lunak, dari mesin pencari sampai dengan pendukung produktivitas kantor dan alat penggubah musik, memainkan peran besar dalam penciptaan, menyalin, penemuan, dan distribusi ciptaan. Dalam rangka memudahkan jaringan untuk tahu apakah sebuah ciptaan telah ada di bawah lisensi Creative Commons, kami menyediakan versi lisensi yang dapat dibaca oleh mesin. Versi lisensi ini adalah sebuah ringkasan pokok kebebasan dan kewajiban yang dituliskan dalam format yang dapat dibaca oleh sistem perangkat lunak, mesin pencari, dan jenis teknologi lainnya. Untuk itu, kami mengembangkan sebuah cara untuk menjelaskan lisensi melalui CC Rights Expression Language (CC REL) yang dapat dibaca oleh perangkat lunak.

Mencari konten terbuka merupakan fungsi penting dari pendekatan kami. Anda dapat menggunakan Google untuk mencari konten Creative Commons, mencari gambar di Flickr, album pada Jamendo, dan media umum di spinxpress. Wikimedia Commons, gudang multimedia dari Wikipedia, juga merupakan pengguna inti dari lisensi kami.

Secara keseluruhan, ketiga lapisan lisensi memastikan bahwa spektrum hak bukan hanya sebuah konsep hukum. Hal ini adalah sesuatu yang dapat dipahami baik oleh pencipta, pengguna, dan bahkan oleh jaringan.

Lisensi

CC BY

Atribusi. Lisensi ini mengizinkan orang lain untuk mengumumkan, menggubah, menyesuaikan, dan mengadaptasi ciptaan Anda, bahkan secara komersial, sepanjang mereka mengatribusi Anda untuk ciptaan asli. Ini adalah lisensi paling terbuka dan disarankan untuk penyebaran dan penggunaan bahan berlisensi secara maksimal.

CC BY-SA

Atribusi-BerbagiSerupa. Lisensi ini mengizinkan orang lain untuk menggubah, menyesuaikan, dan mengadaptasi ciptaan Anda, bahkan secara komersial, sepanjang mereka mengatribusi Anda dan melisensikan ciptaan baru mereka dengan persyaratan yang identik. Lisensi ini sering disamakan dengan lisensi "copyleft" perangkat lunak bebas dan sumber terbuka. Semua ciptaan baru yang didasarkan atas karya Anda akan menggunakan lisensi yang sama sehingga semua turunan juga mengizinkan penggunaan komersial. Lisensi ini digunakan oleh Wikipedia serta dianjurkan untuk bahan yang akan mendapat manfaat dengan menyertakan konten dari Wikipedia dan proyek berlisensi serupa.

CC BY-ND

Atribusi-TanpaTurunan. Lisensi ini mengizinkan orang lain untuk memperbanyak, baik secara komersial maupun tidak, sepanjang ciptaan tidak diubah dan utuh, dengan disertai pemberian atribusi kepada Anda.

CC BY-NC

Atribusi-NonKomersial. Lisensi ini mengizinkan orang lain untuk menggubah, menyesuaikan, dan mengadaptasi ciptaan Anda secara nonkomersial. Walaupun ciptaan baru mereka juga harus menyebut Anda dan nonkomersial, mereka tidak harus melisensikan ciptaan turunan mereka dengan persyaratan yang sama.

CC BY-NC-SA

Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa. Lisensi ini mengizinkan orang lain untuk menggubah, menyesuaikan, dan mengadaptasi ciptaan Anda secara nonkomersial, sepanjang mereka mengatribusi Anda dan melisensikan ciptaan baru mereka dengan persyaratan yang sama.

CC BY-NC-ND

Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan. Lisensi ini paling membatasi di antara enam lisensi utama, hanya mengizinkan orang lain untuk mengunduh ciptaan Anda dan membagikannya dengan orang lain sepanjang mengatribusi Anda, namun mereka tidak boleh mengubah ciptaan tersebut dengan cara apa pun dan juga tidak boleh menggunakan secara komersial.

Sumber: http://creativecommons.org/licenses/

Akun
Ruang nama
Varian
Tindakan
Navigasi
Peralatan