Proyek

Dari CCID Wiki
Langsung ke: navigasi, cari

Daftar isi

Kebudayaan

Creative Commons bertujuan untuk meningkatkan kreativitas kebudayaan dalam "the commons" — himpunan ciptaan yang tersedia bebas bagi publik untuk digunakan, dibagikan, dialihgunakan, dan digubah. Kami menyadari bahwa ada konflik inheren antara budaya digital inovatif dan hukum hak cipta arkais. Lisensi-lisensi kami membantu menjembatani konflik tersebut agar internet dapat mencapai potensinya secara penuh.

Kami mendukung kebudayaan "the commons" baik dalam tingkat pengguna maupun lembaga.

Sumber: http://creativecommons.org/culture

Pendidikan

Dengan internet, akses universal terhadap pendidikan dimungkinkan, namun potensinya dihambat oleh hak cipta arkais dan teknologi yang tidak sesuai. Di Creative Commons, kami berupaya meminimalkan hambatan ini dengan menyediakan lisensi dan alat yang dapat digunakan oleh siapa saja untuk membagikan bahan pendidikan mereka kepada dunia. Lisensi kami membuat buku teks dan rencana pelajaran mudah ditemukan, mudah dibagikan, serta mudah diubahsuaikan dan dikombinasikan — membantu mewujudkan manfaat penuh dari pendidikan yang diberdayakan digital.

Sumber: http://creativecommons.org/education

Ilmu

Semakin kita memahami ilmu dan kompleksitasnya, semakin penting untuk untuk membagikan data ilmiah secara terbuka. Tidak ada gunanya jika sepuluh lab yang berbeda melakukan penelitian yang sama dan tidak membagikan hasil mereka; sama seperti itu, kita lebih mungkin untuk mengidentifikasi penyakit jika kita memiliki data genom dari kumpulan individu yang besar. Sejak 2004, kami telah memfokuskan upaya kami untuk meluaskan lisensi Creative Commons kepada penelitian ilmiah dan teknis.

Sumber: http://creativecommons.org/science

Pemerintah

Lembaga pemerintah menyediakan informasi yang mereka buat kepada masyarakat melalui berbagai cara: daring menurut persyaratan penggunaan, dengan menghapus hak cipta dan hak terkait, melalui kebijakan dan peraturan pemerintah, melalui penggunaan lisensi khusus, melalui hukum kebebasan informasi, secara informal melalui norma, melalui penggunaan lisensi CC dan alat domain publik, serta berbagai cara lain. Penggunaan lisensi dan alat CC untuk mengomunikasikan hak penggunaan ulang secara luas terhadap konten, data, dan bahan pendidikan yang mereka buat, pemerintah merangsang pertumbuhan ekonomi, mempromosikan keterlibatan warga negara, serta meningkatkan transparansi sumber daya dan layanan pemerintah.

Sumber: http://creativecommons.org/government

Akun
Ruang nama
Varian
Tindakan
Navigasi
Peralatan